Rabu, 17 Juni 2009

manfaat matematika

matematika itu adalah salah satu pelajaran terpenting yang harus di kuasai oleh setiap individu manusia yang ingin sukses karena, dalam matematika kita di minta untuk menyelesaikan masalah dengan benar. sekaligus kita juga di berikan kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabanya benar dan dengan cara yang benar maka jawaban itu dapat di benarkan. Nah bila kita kaitkan dengan kehidupan sehari-hari maka. maka matematika dapat mengambarkan penomena itu. sebagai contoh dalam kehidupan setiap manusia ingin menjadi kaya. untuk dapat menjadi kaya manusia dapat melakukan hal apa saja. bila cara yang di ambilnya benar maka hasil kekayaannya dapat di benarkan, tetapi bila hasil kekayaannya tidak di dapat dengan cara yang benar maka kekayaan tersebut tidak dapat di benarkan. kalau dalam istilah matematika tidak dapat di jelaskan dengan benar, kaya para koruptor di indonesia, mereka tidak dapat menjelaskan hasil kekayaannya dengan benar. masa cuma jadi pejabat daerah yang gajinya tidak jurang dari 10 jt bisa punya ini dan punya itu, kita sudah dapat pastikan orang semacam ini pastinya ilmu matematikanya rendah.
jadi kesimpulanya adalah jika setiap orang jago pelajaran matematikan maka dia akan menjadi orang yang jujur.
selain itu matematika kayaknya kebanyakan manfaatnya untuk berpikir secara logis,
bedanya dengan fisika,kalo di matematika itu modal persamaan yang kita miliki itu sedikit,
dalam hal ini misalnya pada persamaan trigonometri, seringkali dengan persamaan yang sedikit itu kita diminta untuk menyelesaikan persamaan yang kalo' arahnya salah aja, kita harus pake' kalkulator,
misal

coba itu, kita bisa mengabaikan berapa besar sudutnya,dan langsung menuju jawaban.
tapi kalo' kita mau nyari sudutnya dulu juga bisa, Cuma lama banget
kalo' di fisika kita cuma diminta menganalisis soal, menentukan persamaannya(mau nyari apanya aja dulu, tanpa kalkulator masih bisa), dan terakhir menyelesaikannya tentunya...(walaupun kadang-kadang cuma diminta mencari persamaannya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar